Senin, 17 Agustus 2009

apa kita sudah benar2 "MERDEKA"?



tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kitaaaa!
happy independence day semua! hehehe.. seperti biasa kalo 17 Agustus itu identik sama siaran langsung upacara bendara dari Istana Negara dan lomba 17an. kangen nih sama lomba2 yang biasa selalu ada setiap tahun di sekolah sama di komplek perumahan. sekarang udah bukan anak sekolahan lagi *sok tua*. di komplek juga uda ga ada lagi lomba2an. dulu sih ada, sekarang anak komplek uda pada gede2. ada sih anak kecilnya, tapi ga ky generasi yang dulu, yang sekarang agak individualis. dulu gw paling seneng ikut lomba makan kerupuk sama nangkep belut. gw juara 1 lho *bangga*. hehehe. soalnya gw tau, anak2 laen pada geli ama belut sedangkan gw engga. jadi gw yakin menang. hehe. tarik tambang juga seru. waktu SD kelas gw pernah jadi juara umum tarik tambang. uhh, jadi pengen lagi nihhh. (>.<). gw bangga banget sama peringatan hari kemerdekaan Indonesia. soalnya ga bakal kita temuin di negara lain. tadi gw nonton di berita ternyata bule2 di Jalan Jaksa (terkenal sebagai tempat berkumpulnya kaun ekspatriat - hehe) ikutan lomba 17an. padahal mereka ada yang uda tua2 lho. tapi mereka excited banget. soalnya di negara mereka ga ada perayaan yang seru ky di sini. itu menunjukkan negara kita itu unik & tradisi itu harus terus dilestarikan.

sebenernya gw ga tau apa makna dari lomba2 di hari kemerdekaan, mungkin buat rame2in aja kali. ato mungkin diibaratkan sama perjuangan pahlawan zaman dulu waktu perang? soalnya kan dalam lomba kita juga harus berjuang untuk jadi pemenang & dapetin hadiah. para pejuang juga harus berjuang mati2an untuk meraih kemerdekaan ky sekarang ini. ngomong2 soal kemerdekaan, gw merasa uda cukup dewasa buat memaknai arti kemerdekaan. merdeka itu bukan cuma bebas dari penjajah. merdeka itu bukan cuma menentukan nasib kita sendiri tanpa campur tangan pihak asing. merdeka itu bukan cuma dinikmatin sebagian orang, tapi semua orang tanpa kecuali. kalo Indonesia merasa uda merdeka kenapa masih banyak orang miskin, banyak orang ga bisa sekolah, banyak orang yang ga dapet keadilan? karena merdeka itu bukan cuma milik orang yang berduit aja. sekarang zaman dimana kita uda bukan lagi dijajah sama kompeni, tapi kita malah dijajah sama bangsa kita sendiri. masih banyak orang2 rasis di negara ini yang masih mempermasalahkan agama & suku yang bikin kita jadi berkonflik. emangnya kenapa kalo kita beda2 agama? emangnya kenapa kalo kita berkulit hitam, putih, kuning, atau cokelat? bukannya kita sebagai manusia lahir untuk menerima
perbedaan? bahkan para teroris yang mencoreng nama Indonesia di mata dunia ternyata saudara kita sendiri. kadang kitalah yang ga bangga & ga menghargai negara kita. kita selalu ngeluh kenapa negara kita begini sedangkan negara lain lebih bagus & lebih maju. mungkin itu salah kita sendiri karena kita ga melakukan "sesuatu" untuk negara kita. sebenernya semua kembali lagi ke nasionalisme masing2 orang, tanpa bermaksud menjadikan kita fanatik. ayo kita kemerdekaan ini dengan cara kita masing2. kita bikin Indonesia bangga. :)

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-64

Tidak ada komentar:

Posting Komentar